Langsung ke konten utama

#PentingGakSih Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan

Wadrun Motor    -    Yo Wadrun Motor lagi, Hey hey Wake up, bangun bangun, karena temen temen banyak yang buat postingan dengan lagu atau lyric dari GreenDay - Wake me up when September End, dan Oktober akan segera tiba, men temen tahu kan apa yang terjadi di bulan bulan berujung imbuhan -ber ? Yaitu Musim Hujan !

Sumber

Musim Hujan adalah momok hal yang menakutkan bagi kita kita para biker yang kaya kerupuk, kena air langsung melempem, minta di kerokin sama isteri dirumah, ya kalau ada isteri sih hehe, begitupun dengan tunggangan tercinta kita.

Kendaraan bermotor, mau Mobil, Sepeda motor, semua sama sama terbuat mayoritas dari bahan-bahan Metal !
yang dapat terdegradasi, ya intinya berkarat.

Berikut Bang  Wadrun Rinci dan Jelaskan beberapa point

1. Rantai

Sumber

Genangan air adalah musuh utama dari rantai yang menyebabkan rantai sepeda motor berkarat, menjadi kaku, dan akhirnya putus :') , men temen gamau kan kalau hubungan rantai nya berakhir begitu cepat?
Apa Solusi terbaik? Cuci, bersihkan dari kotor kotoran, lalu gunakan pelumas, bisa oli, bisa Chainlube.

dan Untuk sepeda motor Matic, nah ini  CVT nya yang kena, akhirnya terjadi slip, di gas pol juga ga akan maju maju bujang, untuk pertolongan darurat pertama, bawa ke tempat kering, keluarkan air dari CVT, sesudah kering motor bisa di pakai lagi, tapi nanti wajib di bongkar CVT untuk di bersihkan dan di beri grease karena sudah terendam banjir.

2. Pengereman

Sumber

Komponen penting ini bisa jadi juru selamat kita, banjir dan genangan lagi yang jadi musuh di komponen ini, apalagi kalau sampai terendam.
Awas kampas Rem dan Piringan Cakram ! Tromol juga berlaku!, bayangkan serpihan serpihan sisa terobos banjir dan kubangan air tadi, melekat di pengereman sampai kering, meski hanya partikel partikel kecil, terus menerus saat anda melakukan pengereman, akan membuat anda lebih cepat ganti kampas rem, ganti piringan cakram, ganti motor hehehe serius ini mah.
Solusinya? CUCI ! Bersihin !

3. Knalpot

Sumber

Lagi lagi musuh yang sama, adalah banjir, hati hati dengan teman teman yang knalpotnya sampai terendam, skenario terburuk adalah air masuk ke sistem pembakaran dan jessssssss, mogok 😌
Solusi : Jangan maksa terobos :)

4. Sistem Pembakaran

Sumber

Pembakaran pada sepeda motor terjadi karena adanya Oksigen, Bahan Bakar, dan Sumber Panas, Oksigen yang kita dapatkan dari Udara, fokus pada saringan udara atau Karburator, Bahan Bakar dari tangki bahan bakar, awas jangan kemasukan air, dan Sumber Panas atau pemerciknya, yaitu Busi, jangan sampai basah, atau Sepeda motor men temen bakalan berebetbetbetbettttttt.
Solusi : Keringkan dan pastikan tidak ada air baik di busi, filter udara, atau pun bahan bakar men temen.

5. Cuci Motor

Sumber
Baiklah men temen semuanya, ini adalah jurus sakti yang harus kita lakukan apabila motor kehujanan terus terusan, selalu bersihkan sepeda motor temen temen, Hanya karena temen temen abis terobos ujan, bukan artinya sepeda motor temen temen baru aja di cuci sambil keujanan, salah besar!
Air Hujan itu bersifat asam, baiknya men temen langsung cuci aja, atau di keringkan lah minimal, kadang bang Wadrun juga mager, dan kalau lagi ada lebih rejeki, Bang Wadrun akan ambil jalan pintas dengan bawa ke tempat cuci motor.

6. Tekanan Ban


Setelah men temen menerjang banjir, jadi periksalah tekanan udara dalam ban motor. Jika tekanan udara ban motor kurang maka terjadi semakin banyak permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan jalan. mengakibatnya, tarikan motor Anda menjadi berat dan efeknya ban motor Anda menjadi cepat tipis atau gundul.


Nah sekian aja dari Bang Wadrun, buat men temen yang ada tips tambahan bisa banget nget nget buat share sama Bang  Wadrun dan men temen pembaca lainnya.

Jaga Kesehatan selalu yang men temen, Jangan ujan ujanan kalau gada yang ngurusin ya .. brrrrrr 😨

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Kode - kode pada Ban Motor

Selamat hari Pendidikan Nasional, dan semoga saja Indonesia ini semakin Maju dan Membaik .. Amin ! Oke kita kali bakal bahas abis soal si Karet Bundar pelapis Velg, yapz !! BAN .. Battlax BT 090

Suzuki Bandit 400cc Impression

Assalamualaikum wr wb, makasih buat yang masih manteng di Warung WM (Wadrun Motor) .. kali ini ane mau bahas Moge lagi nih, hehe .. Buat orang orang yang menggeluti di dunia persilatan Dunia Biker, pasti udah gak asing denger Nama Motor ini, yapz Bandot Bandit, motor lansiran Suzuki ini pertama Hadir kalau tidak salah tahun 1989 Suzuki Bandit 400cc 1998 (Kalau gak salah)

Minerva Megelli 250SP

Masih di Wadrun motor, tau gak sama pabrikan Minerva? Produk Jerman yang Hemat