Langsung ke konten utama

Arti Kode - kode pada Ban Motor

Selamat hari Pendidikan Nasional, dan semoga saja Indonesia ini semakin Maju dan Membaik .. Amin !
Oke kita kali bakal bahas abis soal si Karet Bundar pelapis Velg, yapz !! BAN ..
Battlax BT 090




fungsi ban sendiri itu apaan yah?
digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan

tahu kan kalau Ban sendiri, ada banyak tulisan ? apa yang ada dipikiran anda? ada kah penasaran di Benak anda? okey .. watch This !

Ban
itu yang bertulis 120 artinya lebar tapak ban dalam satuan milli meter (mm) , jadi ban tersebut lebar tapaknya 120mm , lanjut ke 70 artinya ketebalan ban tersebut 70% dari lebar tapak .. jadi ketebalannya 84mm

ada angka 17, keliatan gak bro sist? itu tandanya Velg nya ukuran 17 inch biar bisa masuk ini Ban ..
kalau M/C itu Motor Cycle :D , dan ada angka 69? Betul? itu adalah Load index atau kode yang menunjukan kemampuan ban menahan beban.

kurang lebih kayak gini :D hehehe
kalau yang huruf H adalah Speed Symbol sama pentingnya dengan load index, speed symbol merupakan kode yang menunjukan kemampuan ban dipacu dalam kecepatan tinggi. Setelah mengetahui kemampuan ban, maka paculah sepeda motor anda dengan kecepatan yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan bannya.

G=90km/jam
H=210km/jam
J=100km/jam
K=110km/jam
L=120km/jam
M=130km/jam
N=140km/jam
P=150km/jam
Q=160km/jam
R=170km/jam
S=180km/jam
T=190km/jam
U=200km/jam
V=240km/jam
W=270km/jam
Y=300km/jam

Rotation Direction Indicator
Kalau yang ini menunjukan arah rotasi ban.Bentuknya berupa tanda panah yang menandakan arak rotasi ban. Hati  hati jangan pasang kebalik, kalo kebalik daya cengkram ban akan berkurang .. yang pasti gak Safety bro/sist

Tread Wear Indicator
TWI ini punya fungsi sebagai indikator keausan ban. Bentuknya segitiga kecil di dinding ban yang kalau ditarik garis lurus dari sisi telapak ban ke sisi yang lain akan terlihat garis di permukaan ban di bawah kembangan ban. Nah, bila garis ini dan telapak sejajar maka alur ban hanya tersisa 1,6 mm artinya ban sudah harus ganti. jangan paksain Ban Gundul :D hahaha ..


  Tire Type
Sesuai tipenya, ban dibagi dua. Yaitu tipe tube atau dengan ban dalam dan tipe tubeless yang bisa dipasang tanpa ban dalam. Perbedaanya, ban tubeless memiliki lapisan atau inner liner pada bagian dalam ban dan menyatu dengan ban luar. Lapisan ini lah mencegah angin keluar pada ban tubeless, makanya tak perlu lagi pakai ban dalam.

 Saya rasa Cukup :D
jangan lupa di Like Fans Page nya Klik disini , kami terima saran, masukan, atau request agan agan :D
Salam Biker !!
And Keep Brother Hood !! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Suzuki Bandit 400cc Impression

Assalamualaikum wr wb, makasih buat yang masih manteng di Warung WM (Wadrun Motor) .. kali ini ane mau bahas Moge lagi nih, hehe .. Buat orang orang yang menggeluti di dunia persilatan Dunia Biker, pasti udah gak asing denger Nama Motor ini, yapz Bandot Bandit, motor lansiran Suzuki ini pertama Hadir kalau tidak salah tahun 1989 Suzuki Bandit 400cc 1998 (Kalau gak salah)

Shoulder Cam? Motovlog GP?

Wadrun Motor    -    FP MotoGP Algarve baru saja dimulai, dan ada gebrakan baru, sebuah prespektif baru, yang biasa kita bisa melihat dari sudut pandang Helicopter , Kamera Dashboard , Kamera Front Cowl , Buritan dan pinggiran track. Sekarang ada Shoulder Cam, ya Shoulder, bukan merk shampoo, tapi betulan dari bahu.