Langsung ke konten utama

Cara Merawat Rantai

Okay masuk lagi di Postingan Berikutnya, Kita kali ini bakal ngebahas Perawatan Rantai ..
Kenapa Rantai Harus di rawat? biar gak putus yang pasti, dan performa motor terjaga ..

Rantai Motor

Rantai motor adalah bagian terpenting dari motor anda. Agar bisa bertahan lama sebaiknya anda tahu cara merawat rantai motor. Jika anda merawat rantai motor anda maka secara tidak langsung akan menghemat keuangan anda, itung itung ngirit masbroh CMIW . Seperti saat rantai motor anda mengalami korosi atau berkarat akibat adanya musim hujan, ini juga bisa ditangani kok. Genangan air yang berada di mana-mana akan mengakibatkan jalan becek dan licin dan bila terpercik air maka secara tidak langsung akan mengenai rantai motor (OH SHIT) anda sehingga potensi berkaratnya lebih besar. Di bawah ini adalah pemaparan cara merawat rantai motor anda .

1. Setel rantai secara teratur
Rantai yang sering di rawat rantainya akan tahan lama. Penyetelan rantai bukan berarti harus dikencangkan saja atau hanya di kedurkan saja rantai tersebut namun yang perlu di perhatikan adalah pengunci rangkaian ban dan pelek yang perlu di luruskan. Menurut para montir yang sudah berpengalaman bahwa penyetelan rantai hendaknya dilakukan setelah motor anda telah menempuh lebih kurang 1000 kilometer.
Di samping itu ketegangan rantai perlu di perhatikan juga dan sebaiknya pada posisi 5 – 25 milimeter dari posisi rantai normal artinya jarak antara posisi normal pada saat tidak di pegang dengan posisi maximal pada saat sisi-sisi rantai hendak dipertemukan(rantai bagian atas dan bawah di dekatkan) secara umum, atau bisa dilihat pada tutup rantai roda dari stiker yang tertempel.
Penyetelan tidak sekadar mengencangkan atau mengendurkan rantai, tetapi juga mengatur pengunci pin sambungan serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Sangat disarankan untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000 km. Periksa tingkat ketegangan rantai! Sebaiknya di posisi 5 – 25 milimeter.
Untuk mengetahui ukuran tersebut, dapat dilihat di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung bawah shockbreaker roda belakang. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan juga bisa dilihat dari stiker yang ada pada tutup rantai roda. Pada motor New Scorpio Z, New V-ixion dan New Jupiter MX akan ada petunjuk di bagian sekeliling ban motor.
Di Cek, biasanya 1 bulan sekali

2. Bersihkan kotoran
Jangan biarkan kotoran menempel di rantai motor anda,Bahaya banget. Kotoran itu biasanya terdiri dari debu, tanah, minyak atau hal-hal lain sehingga kotoran-kotoran tersebut akan mengikis rantai anda secara perlahan-lahan. Jadi lebih baik membersihkan rantai tersebut dengan minyak solar atau bensin atau semprot khusus untuk rantai motor (saya biasanya ngilangin karat pakai Bensin, yah di sikat pake sikat gigi, tp jangan sikat gigi yang masih di pakai, zoroook hehe ) Jangan sekali-kali anda memberikan oli bekas pada rantai anda karena justru oli bekas itu yang berisi logam-logam akan mengikis rantai motor anda.
Kotoran menempel di sela-sela rantai baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang menempel di pelumas rantai. Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan rantai cepat kering, berkarat, dan cepat aus karena getas. Oleh karena itu sangat disarankan untuk rajin membersihkan kotoran tersebut sebulan sekali. Setelah kotoran dibersihkan, lakukan pelumasan kembali pada rantai motor.
Sikat terusss
 3. Beri Pelumas pada Rantai
Pilihlah pelumas yang tepat sehingga membantu mengurangi keausan rantai. Faktor-faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak. Oleh karena itu, rantai perlu pelumasan khususnya bagi sepeda motor yang tidak menggunakan penutup rantai,selama ini masih banyak yang kurang paham mengenai cara memberi pelumas pada rantai yang baik. Kebanyakan orang masih melumasinya dengan menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. itu slah bsar di sebabkan oli bekas pada motor mengandung gram/serbuk besidari dalam mesin. Penggunaan pelumas rantai yang paling baik adalah seminggu sekali dalam keadaan cuaca normal, kecuali kalau kondisi jalan yang becek atau sering terkena hujan, alangkah baiknya menggunakan pelumas setiap kali rantai terkena kendala tersebut.
nah seperti kata diatas, kalo karatan sikat dulu sampe bersih, udah bersih baru deh di lumasi ..
mau tau pelumasnya? saya biasanya pakai yang ini nih ..
Ciat ciat, promosi dikit
 Kaya nya segini yang bisa saya sampaikan , oh iyah kalo rante berisik coba anda menepi dan cek, mungkin rantai ada masalah, bisa jadi kendur .. tapi untuk Motor Honda, Kasus ini sering terjadi, rantai nya emang berisik, tapi bisa kok di benerin, coba tanya mas mas yang di dealer :D

okay, sekian dari saya, Mohon maaf kalau salah, soalnya baru belajar ..
Jangan lupa di Join Blognya, jangan lupa juga di Like Halaman Facebooknya Klik disini
dan jangan lupa follow Twitter saya Disini

Salam Biker !! Keep BrotherHood !!

Komentar

  1. tipsnya bgus gan, penting untuk melakukan perawatan pada rantai biar motor enak larinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Kode - kode pada Ban Motor

Selamat hari Pendidikan Nasional, dan semoga saja Indonesia ini semakin Maju dan Membaik .. Amin ! Oke kita kali bakal bahas abis soal si Karet Bundar pelapis Velg, yapz !! BAN .. Battlax BT 090

Suzuki Bandit 400cc Impression

Assalamualaikum wr wb, makasih buat yang masih manteng di Warung WM (Wadrun Motor) .. kali ini ane mau bahas Moge lagi nih, hehe .. Buat orang orang yang menggeluti di dunia persilatan Dunia Biker, pasti udah gak asing denger Nama Motor ini, yapz Bandot Bandit, motor lansiran Suzuki ini pertama Hadir kalau tidak salah tahun 1989 Suzuki Bandit 400cc 1998 (Kalau gak salah)

Minerva Megelli 250SP

Masih di Wadrun motor, tau gak sama pabrikan Minerva? Produk Jerman yang Hemat