Okay masuk lagi di Postingan Berikutnya, Kita kali ini bakal ngebahas Perawatan Rantai ..
Kenapa Rantai Harus di rawat? biar gak putus yang pasti, dan performa motor terjaga ..
Rantai motor adalah bagian terpenting dari motor anda. Agar bisa bertahan lama sebaiknya anda tahu cara merawat rantai motor. Jika anda merawat rantai motor anda maka secara tidak langsung akan menghemat keuangan anda, itung itung ngirit masbroh CMIW . Seperti saat rantai motor anda mengalami korosi atau berkarat akibat adanya musim hujan, ini juga bisa ditangani kok. Genangan air yang berada di mana-mana akan mengakibatkan jalan becek dan licin dan bila terpercik air maka secara tidak langsung akan mengenai rantai motor (OH SHIT) anda sehingga potensi berkaratnya lebih besar. Di bawah ini adalah pemaparan cara merawat rantai motor anda .
Kenapa Rantai Harus di rawat? biar gak putus yang pasti, dan performa motor terjaga ..
Rantai Motor |
Rantai motor adalah bagian terpenting dari motor anda. Agar bisa bertahan lama sebaiknya anda tahu cara merawat rantai motor. Jika anda merawat rantai motor anda maka secara tidak langsung akan menghemat keuangan anda, itung itung ngirit masbroh CMIW . Seperti saat rantai motor anda mengalami korosi atau berkarat akibat adanya musim hujan, ini juga bisa ditangani kok. Genangan air yang berada di mana-mana akan mengakibatkan jalan becek dan licin dan bila terpercik air maka secara tidak langsung akan mengenai rantai motor (OH SHIT) anda sehingga potensi berkaratnya lebih besar. Di bawah ini adalah pemaparan cara merawat rantai motor anda .
1. Setel rantai secara teratur
Rantai yang sering di rawat rantainya
akan tahan lama. Penyetelan rantai bukan berarti harus dikencangkan
saja atau hanya di kedurkan saja rantai tersebut namun yang perlu di
perhatikan adalah pengunci rangkaian ban dan pelek yang perlu di
luruskan. Menurut para montir yang sudah berpengalaman bahwa penyetelan
rantai hendaknya dilakukan setelah motor anda telah menempuh lebih
kurang 1000 kilometer.
Di samping itu ketegangan rantai perlu
di perhatikan juga dan sebaiknya pada posisi 5 – 25 milimeter dari
posisi rantai normal artinya jarak antara posisi normal pada saat tidak
di pegang dengan posisi maximal pada saat sisi-sisi rantai hendak
dipertemukan(rantai bagian atas dan bawah di dekatkan) secara umum,
atau bisa dilihat pada tutup rantai roda dari stiker yang tertempel.
Penyetelan tidak sekadar mengencangkan
atau mengendurkan rantai, tetapi juga mengatur pengunci pin sambungan
serta membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Sangat disarankan
untuk melakukan penyetelan rantai ini setiap motor telah berjalan 1.000
km. Periksa tingkat ketegangan rantai! Sebaiknya di posisi 5 – 25
milimeter.
Untuk mengetahui ukuran tersebut, dapat
dilihat di mal atau garis standar yang ada di penarik rantai di ujung
bawah shockbreaker roda belakang. Ukuran jarak atau tingkat kekencangan
juga bisa dilihat dari stiker yang ada pada tutup rantai roda. Pada
motor New Scorpio Z, New V-ixion dan New Jupiter MX akan ada petunjuk
di bagian sekeliling ban motor.Di Cek, biasanya 1 bulan sekali |
2. Bersihkan kotoran
Jangan biarkan kotoran menempel di rantai motor anda,Bahaya banget. Kotoran itu biasanya terdiri dari debu, tanah, minyak
atau hal-hal lain sehingga kotoran-kotoran tersebut akan mengikis
rantai anda secara perlahan-lahan. Jadi lebih baik membersihkan rantai
tersebut dengan minyak solar
atau bensin atau semprot khusus untuk rantai motor (saya biasanya ngilangin karat pakai Bensin, yah di sikat pake sikat gigi, tp jangan sikat gigi yang masih di pakai, zoroook hehe ) Jangan sekali-kali anda memberikan oli bekas
pada rantai anda karena justru oli bekas itu yang berisi logam-logam
akan mengikis rantai motor anda.
Kotoran menempel di sela-sela rantai
baik debu, lumpur, atau serpihan lain yang menempel di pelumas rantai.
Bila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan rantai cepat kering,
berkarat, dan cepat aus karena getas. Oleh karena itu sangat disarankan
untuk rajin membersihkan kotoran tersebut sebulan sekali. Setelah
kotoran dibersihkan, lakukan pelumasan kembali pada rantai motor.
Sikat terusss |
3. Beri Pelumas pada Rantai
Pilihlah pelumas yang tepat sehingga membantu mengurangi keausan rantai. Faktor-faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak. Oleh karena itu, rantai perlu pelumasan khususnya bagi sepeda motor yang tidak menggunakan penutup rantai,selama ini masih banyak yang kurang paham mengenai cara memberi pelumas pada rantai yang baik. Kebanyakan orang masih melumasinya dengan menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. itu slah bsar di sebabkan oli bekas pada motor mengandung gram/serbuk besidari dalam mesin. Penggunaan pelumas rantai yang paling baik adalah seminggu sekali dalam keadaan cuaca normal, kecuali kalau kondisi jalan yang becek atau sering terkena hujan, alangkah baiknya menggunakan pelumas setiap kali rantai terkena kendala tersebut.
Pilihlah pelumas yang tepat sehingga membantu mengurangi keausan rantai. Faktor-faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran dari lumpur atau debu yang berpotensi menyebabkan komponen ini rusak. Oleh karena itu, rantai perlu pelumasan khususnya bagi sepeda motor yang tidak menggunakan penutup rantai,selama ini masih banyak yang kurang paham mengenai cara memberi pelumas pada rantai yang baik. Kebanyakan orang masih melumasinya dengan menggunakan oli bekas, terutama oli mesin. itu slah bsar di sebabkan oli bekas pada motor mengandung gram/serbuk besidari dalam mesin. Penggunaan pelumas rantai yang paling baik adalah seminggu sekali dalam keadaan cuaca normal, kecuali kalau kondisi jalan yang becek atau sering terkena hujan, alangkah baiknya menggunakan pelumas setiap kali rantai terkena kendala tersebut.
nah seperti kata diatas, kalo karatan sikat dulu sampe bersih, udah bersih baru deh di lumasi ..
mau tau pelumasnya? saya biasanya pakai yang ini nih ..
Ciat ciat, promosi dikit |
Kaya nya segini yang bisa saya sampaikan , oh iyah kalo rante berisik coba anda menepi dan cek, mungkin rantai ada masalah, bisa jadi kendur .. tapi untuk Motor Honda, Kasus ini sering terjadi, rantai nya emang berisik, tapi bisa kok di benerin, coba tanya mas mas yang di dealer :D
okay, sekian dari saya, Mohon maaf kalau salah, soalnya baru belajar ..
okay, sekian dari saya, Mohon maaf kalau salah, soalnya baru belajar ..
Jangan lupa di Join Blognya, jangan lupa juga di Like Halaman Facebooknya Klik disini
dan jangan lupa follow Twitter saya Disini
Salam Biker !! Keep BrotherHood !!
tipsnya bgus gan, penting untuk melakukan perawatan pada rantai biar motor enak larinya.
BalasHapus