Langsung ke konten utama

Serba Serbi Oli Mesin

Assalamualaikum wr wb  , hayooo bahas apa sekarang? yapz, kaya judulnya, Oli !
Waroeng WM bakal bahas,Oli yang dimaksud adalah Oli mesin , kenapa saya bahas ini? nanti saya jelaskan , ehehe

Yang biasa dipake si Puma

 Oli Mesin, tau kan semua Minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal oli mesin memang banyak ragam dan macamnya bro/sist. Bergantung jenis penggunaan mesin itu sendiri yang membutuhkan oli yang tepat untuk menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin.


Katanya Ini Motul mantap, tapi mahal buat anak OSIS :p
 bro/sist? tau gak? apa gunanya Oli Mesin?
Semua jenis oli mesin pada dasarnya sama saja. ya sebagai bahan pelumas biar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan broohhh. and berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan.
Oli Mesin itu ibarat darah manusia, jadi jangan salah pilih

Kata bapak saya sih "Untuk Motor jangan coba coba" hehe ...

Nah kebeneran kemaren tanggal 24 Januari 2014, ane pake Oli ini nih yang dibawah
Shell Helix HX7

Nah ini Oli, sebenernya Oli Mobil, gue kaget, gue shock, gue panik, gue gigitin sendal (ehh)
soalnya si Mas yang jual bilang "Bagus kok a, mirip sama AX7" dan setelah tau gue harusnya jawab "Mirip Ndasmuuuu !! -__- "
tapi sejauh ini, tarikan mantap, cumaaaaaaaan mesin panas lebih dari biasa pakai AX7
jadi saya segenap owner Waroeng WM menghimbau, "HATI-HATI LAH DALAM MEMILIH OLI MESIN MOTOR ANDA" hehehe waspadalah !

Kekentalan atau biasa di sebut Viskositas

Kekentalan merupakan salah satu unsur kandungan oli paling rawan broooohhh karena berkaitan dengan ketebalan oli atau seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Kekentalan oli langsung berkaitan dengan sejauh mana oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam.
Oli harus mengalir ketika suhu mesin atau temperatur ambient. Mengalir secara cukup agar terjamin pasokannya ke komponen-komponen yang bergerak. Semakin kental oli, maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih kental. Lapisan halus pada oli kental memberi kemampuan ekstra menyapu atau membersihkan permukaan logam yang terlumasi. Sebaliknya oli yang terlalu tebal akan memberi resitensi berlebih mengalirkan oli pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan. Untuk itu, oli harus memiliki kekentalan lebih tepat pada temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan.


Dengan demikian, oli memiliki grade (derajat) tersendiri yang diatur oleh Society of Automotive Engineers (SAE). Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti 5W (Winter) menunjukkan pada suhu dingin oli bekerja pada kekentalan 5 dan pada suhu terpanas akan bekerja pada kekentalan 30.
Tetapi yang terbaik adalah mengikuti viskositas sesuai permintaan mesin. Umumnya, mobil sekarang punya kekentalan lebih rendah dari 5W-30 . Karena mesin belakangan lebih sophisticated sehingga kerapatan antar komponen makin tipis dan juga banyak celah-celah kecil yang hanya bisa dilalui oleh oli encer. Tak baik menggunakan oli kental (20W-50) pada mesin seperti ini karena akan mengganggu debit aliran oli pada mesin dan butuh semprotan lebih tinggi.
Untuk mesin lebih tua, clearance bearing lebih besar sehingga mengizinkan pemakaian oli kental untuk menjaga tekanan oli normal dan menyediakan lapisan film cukup untuk bearing.
Sebagai contoh di bawah ini adalah tipe Viskositas dan ambien temperatur dalam derajat Celcius yang biasa digunakan sebagai standar oli di berbagai negara/kawasan.
  1. 5W-30 untuk cuaca dingin seperti di Swedia
  2. 10W-30 untuk iklim sedang seperti di kawasan Inggris
  3. 15W-30 untuk Cuaca panas seperti di kawasan Indonesia


Semoga bermanfaat bro/sist !
jangan lupa Like fanspage nya, supaya ini blog tetep idup :D hehe

Keep Solid and Keep Brother Hood ! and CMIIW (Correct me if im wrong)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Kode - kode pada Ban Motor

Selamat hari Pendidikan Nasional, dan semoga saja Indonesia ini semakin Maju dan Membaik .. Amin ! Oke kita kali bakal bahas abis soal si Karet Bundar pelapis Velg, yapz !! BAN .. Battlax BT 090

Suzuki Bandit 400cc Impression

Assalamualaikum wr wb, makasih buat yang masih manteng di Warung WM (Wadrun Motor) .. kali ini ane mau bahas Moge lagi nih, hehe .. Buat orang orang yang menggeluti di dunia persilatan Dunia Biker, pasti udah gak asing denger Nama Motor ini, yapz Bandot Bandit, motor lansiran Suzuki ini pertama Hadir kalau tidak salah tahun 1989 Suzuki Bandit 400cc 1998 (Kalau gak salah)

Shoulder Cam? Motovlog GP?

Wadrun Motor    -    FP MotoGP Algarve baru saja dimulai, dan ada gebrakan baru, sebuah prespektif baru, yang biasa kita bisa melihat dari sudut pandang Helicopter , Kamera Dashboard , Kamera Front Cowl , Buritan dan pinggiran track. Sekarang ada Shoulder Cam, ya Shoulder, bukan merk shampoo, tapi betulan dari bahu.